Sabtu, 06 November 2010

Unuk membangun warnet yang strategis, pertama kita harus menentukan letak tempat yang benar – benar strategis seperti letaknya berdekatan dengan perumahan, jalan raya yang dianggap ramai dilewati, sekitar sekolahan, kampus dan lain – lain. Setelah menentukan letak strategis dari segi bangunan warnet, buatlah desain tempat seindah mungkin dan tata letak yang nyaman untuk dilihat oleh customer yang akan datang ke warnet kita. Bangunan tersebut mau dibuat tingkat atau tidak yang jelas letak bangunan tersebut strategis ditengah keramaian aktifitas.

Kemudian persiapkan alat – alat seperti stick semi baja untuk menaruh alat –alat seperti grid, sektoral, pc box, pointing dan lain – lain. Alat tersebut berguna untuk menguatkan koneksi internet yang akan kita pakai. Tidak lupa kita membeli vendor koneksi internet ke salah satu vendor yang menyediakan koneksi internet dengan paket warnet. Biasanya customer akan sangat puas apabila koneksi kecepatan internet yang kita sediakan cepat tidak lemot, lalu kita membeli daya listrik yang sesuai dengan kondisi fisik pc yang akan disediakan agar sewaktu semua pc serta aksesoris menyala listrik tidak turun. Aksesoris disini seperti lampu, pendingin ruangan, serta air kamar mandi.

Kita sediakan kamar mandi untuk costumer agar merasa berada dirumah sendiri. Dari segi pelataran parkir kita harus menyediakan semaksimal mungkin dengan luas bangunan dan luas tanah, agar costumer yang membawa kendaraan nyaman dan aman menitipkan kendaraannya pada saat costumer bermain di warung internet (warnet) kita. Setelah itu kita ambil contoh misal ada 20 pc yang kita sediakan dengan 1 billing yang mengatur keungan untuk pc yang terpakai. Untuk 20 pc tersebut kita rakit dengan spesikasi yang benar – benar mendukung untuk port USB, browsing serta games online. Tidak lupa umtuk mengkoneksikan semua computer butuh alat – alat seperti kabel LAN serta RJ 45 dan switch yang menghubungkan alat ke atas tower (stick yang kita bangun).

Kemudian kita sediakan alat tambahan seperti headset dan web camera. Kegunaan headset disini untuk kenyaman tambahan bagi costumer agar sewaktu memainkan game online atau ingin browsing yang mengeluarkan audio dan video, costumer dapat mendengarkan output audio yang jelas. Kita juga menyediakan jasa pengetikan, printer, burning cd, dan lain – lain. Untuk Operating system yang berada di klien bias menggunkan Windows dan untuk mengatur system keseluruhan kalau bisa pakai OS linux yang berbasis mikrotik. Itulah sebagian tips kecil untuk membangun warnet yang indah, nyaman serta aman.

0 komentar:

Posting Komentar

free counters